Tuesday, May 26, 2009

HAPPY EMPLOYEES MAKE HAPPY CUSTOMERS

Antusiasme karyawan di perusahaan Anda dalam melayani customer merupakan hal penting untuk menciptakan kesan yang baik dan selalu diingat oleh customer. Senyuman yang hangat dan tulus dapat ditangkap oleh customer sebagai penghargaan yang tidak ternilai. Secara otomatis, ini juga akan sangat menentukan, apakah customer membeli produk/ jasa di perusahaan Anda atau tidak.

Ingat! Customer Anda tidak berinteraksi langsung dengan ‘perusahaan’ melainkan mereka melakukan interaksi secara langsung dengan karyawan yang Anda tugaskan untuk melayani. Ini berarti bahwa keputusan customer untuk bersama perusahaan Anda lebih lama atau berakhir dikunjungan pertama akan sangat tergantung dengan pelayanan yang diberikan karyawan Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar karyawan Anda memberikan layanan yang baik & berkesan kepada customer? Jawabnya sederhana, tetapi tidak mudah dijalankan. Karyawan Anda harus yakin dan percaya bahwa perusahaan telah memberikan perhatian dan penghargaan yang baik pada mereka. Ada satu kalimat yang saya yakini kebenarannya: ‘Happy employees make happy customers and this translates into increased sales and profits.’ Artinya: ‘karyawan yang puas akan mampu memberikan kepuasan kepada customer (tentunya dengan pelayanan yang berkesan) serta akan mampu meningkatkan penjualan dan profit perusahaan Anda.
Sayangnya, hingga saat ini masih banyak para pemilik perusahaan belum percaya dengan kalimat yang tadi saya sebutkan di atas. Mereka kurang memperhatikan nasib karyawannya tetapi ingin karyawannya memberikan pelayanan yang baik kepada para customer. Mereka lupa bahwa ketulusan dalam melayani itu datangnya dari hati. Coba refleksikan! Bagaimana karyawan bisa tersenyum kepada customer jika perusahaan tidak pernah membuat mereka tersenyum. Bagaimana karyawan bisa mendengarkan customer jika perusahaan tidak pernah mendengar keluhan/ usulan mereka.
Sekarang, terserah Anda! Ingin memiliki loyal customer karena pelayanan yang berkesan atau kehilangan kesempatan untuk mempertahankan customer Anda karena pelayanan yang buruk?

Ditulis oleh Djoko Kurniawan untuk website Majalah Marketing http://www.marketing.co.id/WebSite/DisplayArticle.aspx?id=256

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

For further information, call: +62818969100, email: djokokurniawan@gmail.com