Saturday, August 23, 2008

OLIMPIADE & BRAND AWARENESS ‘INDONESIA’

Sebuah Catatan Kecil dari Anak Bangsa, menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-63.

Tepat tanggal 17 Agustus yang lalu, saat Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-63 – atlet bulu tangkis Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan dengan meraih medali Emas Olimpiade Beijing 2008 melalui pasangan ganda putra Markis Kido dan Hendra Setiawan.
Pada hari bersejarah itu, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan mata dunia melihat Indonesia melalui atletnya yang berprestasi. Brand Awareness Indonesia meningkat? Jawabnya pasti YA, setidaknya nama Indonesia akan diingat oleh ribuan orang yang menyaksikan pertandingan tersebut, baik secara langsung maupun lewat layar televisi. Belum lagi jutaan mata yang membaca berita kemenangan putra Indonesia ini melalui media cetak maupun online.
Saya pikir kita setuju bahwa prestasi ini merupakan salah satu usaha promosi yang sangat efektif untuk Indonesia karena saat ini belum semua orang di dunia mengenal negri kita tercinta ini. Jika harus beriklan tentang Indonesia di jaringan televisi dunia tentunya memerlukan biaya yang sangat tinggi. Dengan atlet kita yang berprestasi otomatis nama Indonesia lebih dikenal dan membuat orang yang belum tahu tentang Indonesia akan ‘penasaran’ untuk mencari informasi dan akhirnya ini mungkin dapat juga meningkatkan angka kunjungan turis manca negara ke Indonesia.
Ah… apa mungkin? Optismisme berlebihan? Terlalu jauh memang dan tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi setidaknya mulai ‘membuka sedikit peluang’ dan kita boleh sedikit berharap untuk itu. Jika memang prestasi olah raga anak negeri ini dapat membantu usaha promosi dan meningkatkan Brand Awareness untuk Indonesia, mengapa pemerintah belum terlalu serius? Bukankan membina atlet berprestasi jauh lebih murah dibandingkan iklan pariwisata yang terkadang kurang tepat sasaran dan kurang efektif? Sebuah pertanyaan yang akan sulit untuk dijawab, tetapi setidaknya dapat menjadi bahan pemikiran serius di masa yang akan datang. Selamat Ulang Tahun Indonesia………


Ditulis oleh: Djoko Kurniawan, Pengamat Marketing Indonesia untuk website Majalah Marketing ( http://www.marketing.co.id/WebSite/DisplayOpinion.aspx?id=36 )

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

For further information, call: +62818969100, email: djokokurniawan@gmail.com