Monday, July 28, 2008

KECAP ANTI OKSIDAN

Kampaye kecap yang mengandung antioksidan bisa menjadi pilihan di tengah banyaknya merek kecap yang tidak memiliki diferensiasi baru yang kuat dan tidak fokus pada kampanye nilai kesehatan.

Kecap mempunyai pasar yang sangat luas, hampir di semua negara di dunia. Di Indonesia sendiri tidak kurang dari puluhan merek kecap yang beredar, dari yang sangat terkenal di seluruh nusantara sampai yang hanya beredar di suatu wilayah tertentu saja.
Tidak heran jika pasar kecap diperebutkan banyak pemain. Mulai dari pemain besar dunia seperti Unilever sampai pengusaha kelas menengah dengan produk lokalnya. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat bagi pemain baru seperti Kecap Sedaap agar menjadi the first customer choice atau menjadi top of mind di benak pelanggan atau setidaknya menjadi follower yang sukses dengan diferensiasi yang kuat.
Jika menjadi brand manager Kecap Sedaap maka strategi yang akan saya pilih adalah mengkomunikasikan kelebihan Kecap Sedaap sebagai kecap yang mengandung antioksidan (hasil penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore menunjukkan bahwa kecap kedelai mengandung antioksidan sepuluh kali lipat dari anggur merah).
Kampaye Kecap Sedaap yang mengandung antioksidan saya pikir menjadi pilihan yang tepat di tengah banyaknya produk kecap yang selama ini tidak terlalu fokus pada nilai kesehatan serta tidak memiliki diferensiasi baru yang kuat. Strategi ini tidak murni blue ocean, bukan juga red ocean. Artinya tidak terlalu mengikuti gaya kompetisi yang sudah ada (karena mengangkat hal baru) tetapi juga tidak melenceng dari makna kecap yang sesungguhnya sebagai bumbu dapur dan penyedap makanan.
Kampanye ini akan memberikan edukasi ke masyarakat tentang sebuah kecap yang tidak hanya sedap, tetapi juga sehat. Edukasi dapat mulai dilakukan dengan menjelaskan fungsi antioksidan dan mengapa zat ini penting bagi tubuh manusia. Dengan demikian Kecap Sedaap mejadi pelopor kecap sehat yang tetap sedap.
Kampanye Kecap Sedaap dapat melibatkan dokter/ahli gizi sehingga unsur edukasinya menjadi lebih baik dan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Kampanye tersebut harus dilakukan secara luas.
Pembentukan komunitas “Pecinta Kecap Sedaap” juga harus dilakukan mengingat orang Indonesia menyukai socializing—dan ini tentunya akan membantu suksesnya world of mouth Kecap Sedaap.
Dengan memposisikan Kecap Sedaap sebagai kecap sehat, maka strategi pricing dapat dilakukan lebih leluasa, tanpa perlu price war yang bisa menurunkan profit margin. Selamat berjuang Wings Food. Sukses untuk Kecap Sedaap-nya.

Ditulis oleh Djoko Kurniawan dalam lomba ISeNG (Ini Strateginya Gue) yang diadakan oleh milis Marketing Club. Dimuat di Majalah Mix Edisi Mei 2008 dan website Majalah MIX (pada kolom Brilliant IDEA).

http://www.mix.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=122&Itemid=106

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

For further information, call: +62818969100, email: djokokurniawan@gmail.com