Monday, September 8, 2008

SERVICE MINDSET, KUNCI SUKSES PERUSAHAAN ANDA

Sebuah Catatan Menyambut Hari Pelanggan Nasional

Mengapa customer tidak kembali lagi? Mengapa setiap bulan jumlah ’customer lama’ yang datang melakukan pembelian berkurang? Padahal Anda yakin bahwa produk memiliki kualitas yang sangat bagus. Jika pertanyaan tersebut muncul dalam diri Anda, secara umum dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa customer yang pernah datang untuk membeli produk Anda dipastikan ’kurang puas’ atau bahkan ’sangat tidak puas’ dengan pelayanan yang Anda tawarkan.
Lalu bagaimana jika hal ini terjadi. Jawabnya sederhana: TINGKATKAN MUTU PELAYANAN. Ini artinya bahwa Anda harus mulai melakukan pembenahan dari sisi layanan customer. Siapa tahu, karyawan yang bertugas melayani customer belum memahami dengan baik dan benar tentang pelayanan customer yang seharusnya. Siapa tahu, karyawan Anda hanya mengerti soal transaksi penjualan tetapi tidak memiliki dasar pelayanan customer yang benar. Dan mungkin, masih banyak lagi penyebab lainnya.
Lalu bagaimana? Intinya hanya ada satu hal yang harus segera Anda lakukan. Latihlah karyawan Anda dengan standard layanan yang baik dan benar. Mulai dari memberikan contoh yang konkrit sebuah pelayanan yang berkesan dan membuat mereka yakin dan percaya bahwa Service Mindset adalah kunci utama untuk mengambil hati customer. Dengan Service Mindset yang benar maka akan terbentuk pola layanan yang mampu menciptakan kesan positif kepada customer.
Satu hal lagi, dengan terbentuknya Service Mindset yang benar pada semua karyawan, maka dapat dipastikan mereka akan mampu MELAYANI DENGAN HATI dan dengan demikian akan dapat memberikan layanan terbaik sehingga mampu memenuhi harapan/ ekspektasi customer. Apabila Service Mindset dapat Anda tanamkan dalam diri semua karyawan, saya optimis Anda akan memiliki banyak loyal customer dan bisnis Anda akan berkembang lebih cepat baik lagi tentunya.
Sebagai penutup, dapat saya ambil kesimpulan bahwa Excellent ’Service Mindset’ merupakan kompenen yang sangat penting untuk membuat perusahaan Anda memiliki daya saing yang baik, disamping Excellent ’Product’ dan Excellent ’Delivery System’.

Ditulis oleh Djoko Kurniawan untuk website Majalah Marketing

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

For further information, call: +62818969100, email: djokokurniawan@gmail.com